Abadikan Cinta di Situ Patenggang, Ada Pulau Asmara dan Batu Cinta yang Menanti

0
521
Dari atas, Pulau Asmara itumemang berbentuk 'love'. (Foto: www.indonesiakaya.com)

Traveler, Pulau Asmara dan Batu Cinta jadi tujuan wisata Situ Patenggang. Konon, siapa datang ke sana dan mengelilingi Pulau Asmara, akan langgeng cintanya.

Ada kisah legenda di balik kepercayaan itu, Traveler. Konon, menurut wikipedia, Situ Patenggang berasal dari bahasa Sunda, pateangan-teangan (saling mencari). Mengisahkan cinta Putra Prabu dan Putri titisan Dewi yang besar bersama alam, yaitu ki Santang dan Dewi Rengganis.

Cintanya yang begitu mendalam, maka meski telah berpisah sekian lama, mereka saling mencari dan akhirnya bertemu di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan “Batu Cinta”.

Berkerumun di atas Batu Cinta. (Foto: blog.airpaz.com)

Dewi Rengganispun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar bersama. Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati  yaitu Pulau Asmara atau Pulau Sasaka.

Situ Patenggang  terletak di daerah perkebunan teh di Ciwidey, Bandung Selatan, Jawa Barat. Anda dapat merasakan ketenangan dan merasakan udara gunung yang dingin dan angin yang berhembus.

Daerah ini pernah menjadi cagar alam atau taman nasional, namun pada tahun 1981 telah resmi berubah menjadi sebuah taman wisata.

Hendak berkeliling dengan perahu demi mengabadikan cinta? (Foto: www.indonesiakaya.com)

Untuk menikmati keindahan tempat ini ini terdapat fasilitas perahu yang bisa disewa untuk pergi berkeliling ke pulau kecil yang ada di tengah-tengah danau yaitu Pulau Asmara tadi.

Pulau ini amat teduh dengan pohon-pohon tinggi yang banyak tumbuh di dalamnya. Sementara di Situ Patenggang atau lebih dikenal Situ Patengan merupakan danau yang terletak di kawasan objek wisata alam.

Situ Patenggang ini berada di atas ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut, sehingga kita akan merasakan hawa yang dingin dan segar. Situ ini berada di kaki Gunung Patuha.

Oleh sebab itu, sepanjang perjalanan ke situ ini akan dijumpai perkebunan teh yang seperti hamparan karpet hijau alami dan mendominasi area ini, serta ditunjang oleh jalan yang berkelok kelok.

Nah Traveler, ingin berwisata ke tempat sejuk sekaligus mengabadikan cinta? Ayo, buktikan saja.

LEAVE A REPLY