7 Wisata Serba Seribu, Indonesia Layak Diserbu

0
247
Salah satu wisata seribu di Kota Seribu Warung Kopi, Aceh, di perkebunan kopi. Termasuk juga wisata edukatif untuk melihat proses panen kopi arabica varietas Gayo. (foto: Rahmat JK From Gayo)

Indonesia yang kaya, layak diserbu oleh para traveler, terutama karena banyaknya wisata serba seribu yang tersebar di seantero negeri.

Memang sebutan ‘seribu’ ini hanya kiasan, demi mewakili kekayaan budaya Indonesia. Bila anda tertantang untuk plesir ke segala yang serba seribu ini, silahkan simak ke mana Anda bisa menuju:

  1. 1000 Kelenteng = Singkawang, Kalimantan Barat
Kelenteng atau Vihara Tri Dharma Bumi Raya. Salah satu kelenteng di Kota Seribu Kelenteng, Singkawang. (foto: venus to mars)

Singkawang memang dikenal dengan Kota Seribu Kelenteng. Terbukti dengan banyaknya kelenteng atau vihara yang tersebar di hampir seluruh kota ini. Daerah ini menjadi salah satu daerah kantong keturunan etnis Cina terbesar di Indonesia.

Maka, jika Anda hendak plesir ke tempat indah ini, Anda akan disambut oleh kelenteng-kelenteng dnegan berbagai ukuran dan juga keindahannya yang unik dan khas. Akan lebih menarik bila Anda  datang pada saat perayaan Cap Go Meh. Anda akan belajar kebudayaan yang khas dan tentunya akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

  1. 1000 Sungai = Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Pasar Terapung Siring, satu dari wisata Kota Seribu Sungai di Banjarmasin. (foto: dhea dhea)

Kota Seribu Sungai menjadi julukan yang dikenal sejak dahulu. Memiliki bandar pelabuhan besar yang menjadi pintu keluar masuknya kegiatan perekonomian Pulau Kalimantan. Tak hanya sebagai kota niaga, Banjarmasin juga memiliki sejarah sebagai kota penghasil intan, ruby, dan berbagai jenis permata.

Memang banyak sekali wisata sungai yang bisa Anda kunjungi di sini, antara lain Jembatan Barito, Pasar Apung Martapura, Bambu Rafting di Sungai Amandit, dan banyak lagi.

  1. 1000 Masjid = Lombok
Islamic Center Mataram, ikon Kota Seribu Masjid di Lombok. (foto: lombokgaleri.com)

Julukan Kota Seribu Masjid yang melekat di Lombok memang sangatlah tepat. Di sini terdapat banyak sekali bangunan masjid yang megah dan indah. Selain memiliki tempat wisata alam mempesona, ternyata Anda bisa mengunjungi banyak tempat wisata religi lho. Makam Tuan Guru Lopan, masjid kuno di daerah Bayan, makam Kramat Batu Layar, dan masih banyak lagi. Oh ya, pada akhir tahun 2015 lalu, Lombok dianugerahi sebagai destinasi wisata halal dunia.

  1. 1000 Pintu atau Lawang Sewu = Semarang, Jawa Tengah
Lawang Sewu. Salah satu wisata dengan julukan seribu di Semarang.

Seribu Pintu adalah arti dari Lawang Sewu, Semarang. Sebuah bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang dilestarikan. Berjumlah pintu yang amat banyak, bangunan ini lantas disebut Lawang Sewu oleh penduduk setempat. Lawang Sewu ini juga banyak dikunjungi oleh para traveler yang menyukai wisata horor. Memang bangunan tua ini banyak menyimpan cerita seram di masa lalu sehingga lokasi bangunannya terasa sangat magis dan mistis.

Bila Anda sedang berada di Semarang, dan tertantang untuk mengetahui lebih dalam tentang bangunan ini, silahkan Anda datang dan rasakan auranya.

  1. 1000 pulau dengan Kepulauan Seribu = Jakarta
Kepulauan Seribu, Jakarta. Kaya akan panorama keindahan laut. (foto: backpackerjakarta.com)

Kepulauan Seribu yang berada dekat di ibukota ini memang memiliki kekayaan yang luar biasa. Gugusan kepulauan di Teluk Jakarta ini memiliki berbagai wisata khas keindahan masing-masing pulau. Di sana terdiri atas pulau berpenghuni dan pulau yang memang ditujukan untuk wisata. Destinasi ini layak dituju, Anda akan bersenang-senang dengan pesona lautnya yang beragam.

  1. 1000 Rumah Gadang = Sumatra Barat
Kota Seribu Rumah Gadang, julukan wisata kota Solok, Sumatera Barat. (foto: minangtourism.com)

Seribu Rumah Gadang di Koto Baru, Solok Selatan, Sumatera Barat, telah menjadi warisan budaya dunia di UNESCO. Tersebar banyak sekali rumah gadang yang menjadi keunikan daerah ini. Benar-benar keelokan budaya Minangkabau yang layak kita jumpai.

Beberapa rumah gadang di kawasan itu, dijadikan sebagai rumah penginapan untuk para traveler. Anda yang datang ke Solok Selatan, bisa langsung menikmati sensasi tidur di dalam rumah gadang.

  1. 1000 Warung Kopi = Aceh
Warung kopi Solong/Jasa Ayah, yang terletak simpang tujuh tepatnya dijalan T.Iskandar kecamatan Ulee Kareng, Aceh. Kota Seribu Warung Kopi menjadi julukan Aceh karena banyak dijumpai warung-warung kopi yang juga menjadi obyek wisata. (foto: actual.com)

Seribu Warung Kopi merupakan julukan lain dari Kota Serambi Mekah ini. Tentu tak diragukan lagi betapa nikmatnya kopi Gayo yang banyak diburu turis mancanegara. Berjalan-jalan ke propinsi ujung paling barat Indonesia ini, warung kopi yang telah menjadi obyek wisata ini, akan mudah Anda temui di mana-mana.

Selain menikmati suguhan kopi Aceh, Anda dapat berwisata melihat kebun kopi dengan alam yang sejuk. Anda bisa juga melihat proses pembuatan kopi di sana. Pilihan wisata yang sangat edukatif bukan?

LEAVE A REPLY