7 Tips Wisata ke Bromo yang Perlu Traveler Ketahui

0
1198
Foto: www.nuarthatours.com

Traveler, meski Gunung Bromo di Jawa Timur cukup mudah diakses wisatawan,namun nampaknya, Anda tetap butuh beberapa tips agar wisata Anda makin mengesankan.

Apalagi untuk Anda, Traveler yang tak hanya ingin sekadar berwisata saja, namun hendak mendapatkan dalamnya makna dari perjalanan wisata Anda ini.

Nah, dikutip dari tempatwisataunik.com, ini dia 7  tips wisata ke Bromo:

1. Cek status gunung

Cek status gunung dari informasi seputar TNBTS. Gunung Bromo merupakan gunung api aktif, sehingga ada baiknya wisatawan selalu mengecek status gunung tersebut. Tentu tidak diperbolehkan datang  pada saat status gunung meningkat. Ini akan membahayakan wisatawan.

2. Hindari liburan panjang sekaligus rencanakan caranya

Bromo merupakan salah satu kawasan wisata yang sangat ramai dikunjungi, terutama saat liburan. Jika kamu ingin berwisata secara privat atau tidak suka wisata yang banyak wisatawannya, lebih baik jangan datang ke Bromo saat musim liburan. Sebaiknya datang ke Bromo ketika sedang sepi agar lebih leluasa menikmati suasana.

Selain itu, rencanakan apakah Anda ingin backpacker atau ingin berwisata secara eksklusif. Anda bisa memilih antara berkemah atau memesan penginapan.

3. Bawa perlengkapan lengkap

Karena suhu dan kondisi alam di Bromo berbeda dengan kondisi alam di perkotaan, maka siapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan. Pakaian hangat. Masker atau buff yang dapat menyaring pernafasan Anda dari debu pasir ataupun bau belerang. Sebisa mungkin pakai pakaian untuk ke gunung. Jangan sampai kamu terkena hipotemia di gunung Bromo.

Bromo merupakan objek wisata alam yang sangat alami. Jarang ada penjual makanan di Bromo. Biasanya penjual hanya menjual souvenir atau oleh-oleh. Jadi ada baiknya wisatawan membawa sendiri bekal makanan dan minuman secukupnya. Terutama untuk wisatawan yang berkemah. Bawa perlengkapan masak juga agar makanan bisa dimasak atau dihangatkan.

4. Siapkan jadwal kunjungan

Seorang umat Hindu Tengger melarung ayam hasil ternaknya ketika ritual labuh sesaji ke kawah Gunung Bromo pada upacara Yadnya Kasada. (Foto: mmc.tirto.id)

Datanglah saat upacara adat. Bromo dihuni oleh masyarakat suku Tengger yang mana mereka masih sering melakukan ritual adat. Di Bromo, pada tanggal-tanggal tertentu ada upacara adat yang menarik untuk dilihat. Jika tertarik, datang saja pada saat upacara adat. Hal itu akan memberikan kesan wisata yang berbeda.

Selain itu, banyak objek wisata di Bromo, diantaranya pasir berbisik, kawah bromo, pura, penanjakan, sunrise view point, dan juga bukit teletubbies. Siapkan jadwal kunjungan agar perjalanan bisa menjadi lebih menarik.

 

5. Pulang pergi dengan rute berbeda

Untuk mendapatkan sebuah kesan perjalanan yang lebih berbeda, ada baiknya mengambil rute yang berbeda saat pergi dan pulang. Jika Anda pergi melewati rute Probolinggo, cobalah pulang melewati rute Malang. Dengan rute yang berbeda, pemandangan yang akan didapatkan juga akan berbeda. Rute Pobolinggo menawarkan perjalanan melewati perbukitan dengan jalan aspal yang berkelok-kelok. Sedangkan rute Malang menawarkan panorama lebih alami. Bahkan dari rute Malang bisa dilihat bukit teletubbies dari ketinggian.

Atau jika Anda tak mau pusing, gandeng saja seorang tour-guide yang pastinya bersedia menemani. Beres kan?

6. Siapkan kamera terbaik

Nah, ini yang tak kalah penting untuk mengabadikan momen. Tren sekarang mulai berwisata dengan membawa fotografer khusus. Namun unruk menekan budget, Anda bisa siapkan kamera terbaik Anda dan sesuaikan dengan tujuan Anda.

Nah, itulah tadi beberapa tips ke Bromo. Selamat menikmati wisata dan jangan tinggalkan sampah yaaa…

LEAVE A REPLY