7 Tips Ini Harus Anda Tahu Sebelum Memutuskan ke Dieng

1
176
Panorama di dataran tinggi Dieng dilihat dari Bukit Skoter. (foto: indotravelgo)

Dieng sudah menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Tengah. Setiap akhir pekan atau liburan, tempat ini selalu dipenuhi wisatawan. Mereka datang bukan hanya dari kota-kota di Jawa Tengah saja, namun juga dari berbagai kota besar di Indonesia.

Wisatawan dari Semarang, Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, dan Wonosobo akan berbaur dengan mereka yang berasal dari kota-kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, dan Makassar.

Dari beberapa kali kunjungan ke Dieng, tim Traveltoday merangkum beberapa tips yang harus dipersiapkan oleh wisatawan yang akan berkunjung ke sana.

1. Kondisi Badan 

Sebelum berangkat, jaga kondisi badan agar tetap fit dan sehat. Karena dataran tinggi Dieng mempunyai suhu yang rendah. Kisarannya antara 11-18 derajat celcius di siang hari. Namun jika malam datang, dinginnya bisa berada di kisaran suhu 4-8 derajat celcius. 4 sampai 8 derajat Celcius di malam hari. Nah, kondisi badan yang kurang sehat ketika datang akan membuat anda akan gampang terkena sakit.

2. Pakaian 

Karena suhu udara yang dingin, anda harus membawa baju kaos berlengan panjang atau sweater dan jaket tebal untuk menghangatkan tubuh. Tentu saja celana panjang yang tebal, syal untuk melindungi leher, tutup kepala, kaos tangan, kaos kaki, dan juga sepatu yang sesuai. Boleh saja membawa penutup hidung khusus jika Anda ingin mengunjungi kawah-kawah aktif yang ada di Dieng.

3. Transportasi

Sebelum datang ke Dieng, Anda harus memastikan transportasi yang hendak membawa ke sana. Jika ingin naik pesawat, airport terdekat ada di Semarang. Dari Semarang bisa naik mobil ke Wonosobo dan lanjutkan naik bus menuju Dieng.

Sedangkan stasiun kereta terdekat ada di Purwokerto. Dari purwokerto bisa naik bus atau menyewa mobil menuju Wonosobo dan lanjutkan perjalanan ke Dieng. Sebaiknya lakukan pemesanan beberapa hari sebelumnya. Kalau dadakan, akan lebih sulit untuk memperoleh  kendaraan, bahkan Anda harus merogoh kocek lebih dalam.

4. Penginapan 

Di Dieng belum ada hotel berbintang. Baru hotel sekelas melati dan paling banyak home stay. Harga mulai dari Rp100 ribu sampai dengan Rp500 ribu per malam. Dari harga tersebut ada yang sudah termasuk sarapan, tetapi ada juga yang belum.

Sangat disarankan untuk booking dulu beberapa hari sebelumnya. Karena jumlah kamar yang terbatas sedangkan pengunjung membludak di saat akhir pekan atau libur panjang. Kalau liburan bersama keluarga dan ingin lebih berhemat, Anda bisa juga menyewa rumah-rumah penduduk yang disewakan. Harga dari Rp500 ribu sampai dengan Rp1,5 juta untuk 2 kamar sampai dengan 4 kamar. Biasanya penghuni rumah akan mengungsi sementara ke tetangga atau rumah saudara.

Penduduk Dieng sudah sadar pariwisata, jadi kondisi rumah memang layak buat ditempati. Mereka juga sudah menyiapkan kamar mandi dengan air hangat. Serta dapur yang lengkap bisa dipakai buat masak-masak.

5. Konsumsi

Anda tidak perlu takut kelaparan karena di Dieng sudah banyak tersedia restoran dan semua makanan halal. Karena penduduk Dieng sebagian besar beragama Islam. Restoran mulai buka dari jam 7 pagi sampai jam 10 malam. Ada juga yang buka sampai jam 12 malam.

mie ongklok 1 - 7 Tips Ini Harus Anda Tahu Sebelum Memutuskan ke Dieng
Mie ongklok, makanan penghangat tubuh saat berkunjung ke dataran tinggi Dieng. (foto: indotravelgo)

Harga makanan per porsi masih terbilang murah. Mulai dari Rp10 ribu-an per porsi nasi soto dan nasi rames atau nasi goreng di harga Rp15 ribu saja.  Di sini banyak restoran yang menyajikan secara prasmanan.

Walaupun di Dieng tidak tumbuh padi, malah sejauh mata memandang terlihat pohon kentang. Namun nasi tidak dihitung, jadi anda boleh ambil sepuasnya. Sayur dan lauknya saja yang dihitung.

6. Uang tunai

Ini yang harus sangat diperhatikan. Anda harus menyiapkan uang tunai secukupnya. Karena di Dieng cuma ada satu ATM milik bank pemerintah yang kadang suka ngadat. Selain itu Anda bisa tarik tunai di Indomaret dengan belanja minimal tapi ya gitu deh, kadang tidak bisa juga.

Beberapa kali team Traveltoday terpaksa pinjam uang teman karena kurangnya informasi tentang ATM yang ada di dataran tinggi Dieng.

7. Waktu kunjung

Waktu kunjung terbaik kalau ingin leluasa adalah di hari kerja. Karena Anda tidak perlu antre untuk menikmati semua destinasi wisata yang ada di Dieng. Anda bisa berfoto sepuasnya mengabadikan tempat-tempat indah di sini tanpa perlu antre dan terganggu oleh pengunjung lainnya.

Telaga Warna Dieng 3 - 7 Tips Ini Harus Anda Tahu Sebelum Memutuskan ke Dieng
Spot yang pas untuk menyaksikan Telaga Warna dari ketinggian. (foto: indotravelgo)

Jika anda datang di akhir pekan atau waktu libur, ya harus sabar dan berbesar hati. Antrelah dengan wisatawan lainnya.

Lama kunjungan terbaik adalah 3 hari 2 malam. Karena anda akan dapat mengunjungi semua destinasi wisata di Dieng tanpa perlu terburu-buru dan dikejar-kejar waktu.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY