7 Tempat di Indonesia yang Serupa dengan Destinasi Negara Lain

0
158
foto: klimg.com

Jakarta Hanya dengan menutup mata dan membayangkan pesona alam Indonesia, kamu akan dibuat jatuh cinta tanpa celah setiap harinya. Pantai-pantai cantik dengan pasir putih nan hangat, aroma laut yang begitu bersih, puncak-puncak gunung agung yang menawarkan eksotisme ketinggian, hingga suara belantara yang begitu membius.

Kalau ditanya soal pilihan destinasi di Indonesia, panjangnya akan bersaing dengan danau Baikal di Rusia sana. Menentukan satu tempat, maka kamu pun menentukan sensasi perjalanan apa yang hendak dijajal. Namun kalau diperhatikan, Indonesia punya pilihan tempat-tempat traveling yang serupa dengan beberapa destinasi yang ada di negara lain.

Air Terjun Maromo, Sulawesi Tenggara

Megahnya air terjun Niagara yang sudah ternama seantero dunia itu ternyata bisa kamu nikmati di air terjun yang berlokasi sekitar 60 kilometer dari Kendari. Sedikit berbeda dengan Niagara, tebing di sekitar air terjun Maromo bisa kamu daki untuk merasakan sensasi berada di air yang jatuh dari ketinggian seratus meter.

Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara. | via: indonesia-tourism.com

 Air Terjun Niagara, Amerika Serikat. | via: niagarafallslive

 

Candi Sukuh, Jawa Tengah

Lokasi destinasi yang mirip dengan Chichen Itza di Meksiko ini berada di lereng Gunung Lawu. Tepatnya ada di Dukuh Berjo, Desa Sukuh, Karanganyar. Berbeda dengan candi Hindu lainnya, Sukuh jadi peninggalan Kerajaan Majapahit yang ‘tak mau’ menghadap ke arah matahari terbit, melainkan ke arah Barat.

Candi Sukuh, Jawa Tengah. | via: tripadvisor.com

Chichen Itza, Meksiko. | via: whc.unesco.org

 

Taman Nasional Wasur, Papua

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati kehidupan liar di timur Indonesia ini ternyata dipenuhi hewan-hewan yang punya kemiripan dengan hewan Australia. Jadi satu bukti kalau daratan Australia pernah menyatu dengan Indonesia, Taman Nasional Wasur jadi satu tempat paling tepat untuk menikmati nuansa Australia di tanah air.

Taman Nasional Wasur, Papua. | via: wikimapia.org

Australia. | via: dailymail.co.uk

 

Green Canyon, Jawa Barat

Nama destinasi yang berlokasi di Cijulang, Pangandaran , Jawa Barat, ini memang berasal dari tempat yang punya rupa yang hampir sama dengannya, Green Canyon. Bukan di Amerika Serikat, namun air hijau yang dikukung gunung-gunug batu ini ada di Indonesia.  Kamu bisa menyusuri sungai dengan berenang, menaiki perahu, bahkan sambil memancing.

Green Canyon, Jawa Barat. | via: travelerpoint.co.id
Green Canyon, Amerika Serikat. | via: green-landscape.com

 

Parangkusumo, Yogyakarta

Bukan tanpa alasan kalau Parangkusumo memang disebut-sebut sebagai Gurun Saharanya Indonesia. Kontur pasir yang kian berubah-ubah membuat destinasi ini selalu menarik untuk dikunjungi, terlebih bagi kamu yang menyukai fotografi. Sejauh mata memandang hanya pasir yang terhampar hingga 15 kilometer ke depan.

Parang Kusumo, Yogyakarta. | via: flickr.com

Gurun Sahara, Afrika. | via: wallpaperlepi.com

 

Gunung Padang, Jawa Barat

Sama-sama berada di puncak gunung dengan batu-batu yang membentuk satu reruntuhan bangunan yang mungkin saja megah pada zamannya. Situs Gunung Padang memang begitu mirip dengan Machu Picchu yang ada di Peru. Menikmati situs kuno sambil beteman hawa pegunungan yang sejuk adalah satu cara terbaik untuk mengisi perjalanan.

Gunung Padang, Jawa Barat. | via: iberita.com

Machu Picchu, Peru. | via: id.wikipedia.org

 

Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

Tanah Jawa juga ternyata punya nuansa Afrika. Taman Nasional Baluran yang jadi buktinya. Hamparan savana yang dipenuhi hewan-hewan liar yang bergerak dengan begitu bebas memang menghantarkan nuansa Afrika ke timur pulau Jawa. Kamu bisa berkemah sambil menikmati hamparan bintang yang menyesaki pekatnya langit malam.

Taman Nasional Baluran, Jawa Timur. | via: balurannationalpark.web.id

Afrika. | via: wallpaperlepi.com

Tak melulu harus bertandang ke negeri asing untuk jadi turis di sana. Ternyata Indonesia pun siap memberi nuansa yang serupa. Deretan destinasi di atas bisa jadi pilihan saat kamu sedang punya waktu rehat yang relatif lebih singkat. Kalau tahu destinasi lain di Indonesia yang juga mirip dengan berbagai tempat di dunia, langsung tambahkan di kolom komentar saja.

sumber: bintang.com

LEAVE A REPLY