7 Kuliner Kesukaan Kartini ini Paduan Cina, Belanda dan Jawa Lho!

0
878
Foto: haloselebriti.net

Emansipasi wanita memang tengah diperjuangkan R.A. Kartini dan bangsa Indonesia hingga pada momen peringatannya kini. Tak hanya tertarik pada pendidikan dan perjuangan kaum perempuan, Kartini juga tertarik pada dunia kuliner lho! Paduan Cina, Belanda, dan Jawa amat kental merasauk dalam resep masakan favoritnya.

Beberapa makanan favorit Kartini sendiri dituliskan dalam buku resep berjudul Kisah dan Kumpulan Resep Putri Jepara yang ditulis oleh Suryatini N. Ganie, putri dari Soelastri, salah satu saudara Kartini. Makanan favoritnya saat itu juga sudah menerapkan konsep fusion yang memadukan antara kuliner Belanda, Cina dan Jawa.

Kuliner favorit Kartini mungkin asing atau bahkan sudah langka. Nah, dikutip dari Blibli.com, ini dia 7 kuliner kesukaan Kartini:

1. Pecel Daun Semanggi

Foto: www.goodnewsfromindonesia.id

Jajanan Keliling favorit R.A. Kartini waktu sekolah di Europeesche Lagere School (setingkat SD). Ini tertulis dalam ‘The Three Sisters’, buku yang ditulis Kardinah, adik Kartini. Saat itu, Kartini dan kedua adiknya belajar bahasa Jawa kepada seorang guru privat bernama Danu. Nah, saat Kartini enggan belajar, ia selalu meminta Danu membelikan makanan kesukaan mereka bertiga, pecel daun semanggi.

2. Ayam Besengek

Foto: www.indoindians.com

Ayam Besengek ini merupakan olahan ayam dengan gulai kental dilengkapi rempah khas Indonesia. Ayam besengek ini ada dalam buku resep ‘warisan’ Kartini yang pada waktu itu ditulis dengan adiknya menggunakan huruf aksara Jawa dengan takaran abad 20 lho.

3. Nasi Liwet Ayam

Foto: www.pegipegi.com

Nah, ini juga salah satu kesukaan Kartini. Keluarga besar Kartini rupanya suka sekali mengolah nasi menjadi hidangan yang menggiurkan. Kartini dan adik-adiknya juga gemar memasaknya bagi keluarga.

4. Gapitan Daging Kediri

Foto: memoriresepmama.files.wordpress.com

Ini merupakan daging sapi yang dipotong, dipipih, lalu dijapit dan dibakar seperti sate dengan bumbu yang berbeda tentunya.

5. Bebek Betutu

Foto: lifestyle.okezone.com

Ya, masakan khas Bali ini juga salah satu menu favoritnya Kartini. Seturut khas kuliner Bali, Ayam Betutu yang pedas ini banyak cabai lomboknya. Rasa pedasnya muncul belakangan. Jadi, pedas akan terasa semakin menggigit ketika sudah agak lama di dalam mulut. Wow. Lezat.

6. Nasi Bogana

Foto: food.detik.com

Kali ini menu nasi lauk khas Jepara dnegan ayam suwir, telur pindang, dan serundeng yang lezat. Kesukaan keluarga besar Kartini.

7. Sup Pangsit Jepara

Foto: s4.bukalapak.com

Menu satu ini merupakan perpaduan rasa lokal yang berbahan dasar seafood. Perpaduan budaya yang memengaruhi penerapan konsep fusion (perpaduan kuliner) pada masakan R.A Kartini nampak di beberapa resep masakannya. Karakter masakannya menjadi unik dan menggugah untuk dinikmati.

LEAVE A REPLY