7 Kuliner Indonesia yang Bermunculan Saat Ramadan!

0
89
Foto: idntimes.com

Tentu berbuka puasa menjadi hal yang menarik setiap harinya. Terutama saat kuliner tradisional Indonesia banyak bermunculan saat Ramadan. Keunikan ini menjadi warna bagi bulan puasa yang penuh berkah ini.

Nah, apa saja sih kuliner tradisional Indonesia yang dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia? Yuk lihat. Siapa tahu hampir sama di daerah kediaman Anda.

1. Kanji Rumbi – Aceh

Foto: steemit.com

Kanji Rumbi bahkan dibuat dan dibagikan gratis selama bulan Ramadan di Masjid Islamic Centre di Lhokseumawe. Dari cara mengolahnya saja, bisa diketahui kalau tentunya Kanji Rumbi ini pas untuk berbuka. Racikan rempah dan pengolahan berasnya hingga menjadi bubur, mampu membuat perut hangat dan nyaman setelah seharian berpuasa. Travel Today pernah menuliskannya untuk Anda.

2. Sotong Pangkong – Pontianak

Foto: media.travelingyuk.com

Kuliner khas Ramadan di Pontianak ini berbahan dasar cumi-cumi kering yang dibakar. Anda tinggal pilih ukuran cumi yang dikehendaki, lalu cumi-cumi tersebut dibakar, akan dipukul-pukul dengan menggunakan palu hingga pipih, supaya mudah dimakan. Biasanya disajikan dengan menggunakan saus cabe dan juga cuka. Penasaran?

3. Gulai Siput – Riau

Terkadang dicampurkan pula macam-macam jenis sayuran sesuai selera dalam Gulai Siput khas Tanjung Pinang Riau ini. (foto: natureadventure2016.wordpress.com)

Nah, Gulai Siput dari Riau ini diolah dengan memanfaatkan rempah-rempah. Rasanya kuat dan aromanya enak. Siput yang digunakan di sini berasal dari areal persawahan yang banyak tersebar di Tanjung Pinang, Riau. Travel Today pernah menuliskan bahwa kandungan vitamin Gulai Siput ini luar biasa. Oleh karenanya, ini menjadi hidangan favorit saat berbuka di bulan Ramadan.

4. Popaco – Ternate

Foto: idntimes.com

Ternate saat Ramadan, ya jangan lupa cicipi kuliner khasnya yaitu Papaco. Papaco merupakan kue yang terbuat dari campuran tepung kanji, beras, dan juga santan. Biasa disajikan sebagai menu takjil saat puasa, rasanya ada manis dan asinnya sekaligus. Mantap!

5. Bongko Kopyor – Gresik

Foto: travelingyuk.com

Bongko Kopyor ini dibungkus daun pisang, bisa jadi semacam ‘surprise’ berbuka saat bungkusnya juga dibuka. Bayangkan, warna cantiknya terdiri darisecuplik tepung beras yang dimasak menyerupai bubur. Sajiannya makin menggoda lantaran memanfaatkan roti, pisang, bubur mutiara, serutan kelapa muda, sagu, jelly dan tak lupa santan. Wah! Manis, legit dengan tekstur lembut.

6. Sate Susu – Bali

Foto: ksmtour.com

Bali juga punya makanan tradisional khas Ramadan dan memang hanya ditemukan di bulan puasa ini saja! Sate susu, sesuai namanya berbahan dasar puting-puting susu sapi. Bagian susu sapi dipotong-potong berbentuk dadu kemudian direbus dan diberi bumbu rempah. Berbeda dengan sate ayam atau kambing yang menggunakan saos kacang dan kecap, sate susu ini memakai bumbu yang berasal dari tepung beras yang dicampur dengan santan. Sate ini amat berkhasiat untuk menjaga stamina tubuh. Cukup langka lho!

7. Kicak – Yogyakarta

Foto: resepdanmasakan.com

Takjil lezat asal Yogyakarta ini kerap disebut Gethuk Kicak. Ya, gethuk memang identik dengan singkong sebagai bahan dasar. Rasa manis dan aroma wangi nangka membuat penganan ini makin enak. Sayang, hanya ada di bulan Ramadan saja. Namun, inilah letak keistimewaannya, bukan?

LEAVE A REPLY