7 Destinasi Glamping Indonesia, Lengkapi Liburan Keluarga

0
275
Salah satu glamping Indonesia yang banyak dikunjungi, Dusun Bambu Bandung. (foto:www.dusunbambu.com)

Ternyata, banyak terdapat glamping di Indonesia yang menarik wisatawan untuk singgah. Destinasi wisata ini berkonsep glamping, kependekan dari Glamorous Camping. Bagi Anda yang senang berpetualang bersama keluarga, konsep menggabungkan berkemah tradisional dengan kenyamanan modern ini, bisa menjadi alternatif liburan keluarga yang seru.

Langsung saja, tujuh destinasi Glamping Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan:

1. La Cocoteraie Ecolodge – Gili Trawangan, Lombok, NTT

Terletak di perkebunan kelapa yang indah, akomodasi ini menawarkan akses Wi-Fi gratis di semua area. Anda dapat menggunakan fasilitas gratis seperti sepeda dan pelengkapan snorkeling. La Cocoteraie Ecolodege ini hanya berjarak 6 menit dari pantai.

La Cocoteraie Ecolodge menawarkan restoran, bar, dan akomodasi ramah lingkungan dengan interior kayu bergaya pedesaan. Akomodasi ini berjarak 250 meter dari tempat menyaksikan matahari terbenam di Pantai Gili Trawangan.

Glamping La Cocoteraie Ecolodge, Gili Trawangan, Lombok, NTT. (foto:irbnb.co.id)

2. Jeeva Beloam Beach Camp

Glamping ini tak menawarkan panorama gunung atau bukit. Jeeva Beloam Beach Camp yang berlokasi di Lombok menghadirkan pengalaman eksklusif bagi Anda yang ingin menjajal berkemah mewah tepat di hadapan pantai dengan pemandangan yang luar biasa cantik. Dengan lanskap tropis yang tenang di sekelilingnya, Jeeva Beloam Beach Camp menawarkan pondok-pondok pantai dengan kipas angin dan balkon pribadi yang menyuguhkan pemandangan laut.

Bungalow-bungalow beratap jeraminya menampilkan perabotan bambu. Bangunan ini mengadopsi rumah tradisional suku Sasak. Selain memiliki perpustakaan kecil, akomodasi tepi pantai ini juga menyediakan penyewaan peralatan menyelam, sepeda, dan peralatan snorkeling gratis. Kegiatan mendaki dan penjelajahan ringan juga dapat diatur. Jeeva Beloam Beach Camp berjarak 2 km dari pantai Pink dan 80 menit berkendara dari kota Praya. Bandara internasional Lombok dapat dijangkau dengan 1,5 jam berkendara dari akomodasi.

Jeeva Beloam Beach Camp, glamping di Lombok, Indonesia yang menawan. (foto: booking.com)

3. Sandat Glamping – Bali

Dibangun di lokasi yang dikelilingi persawahan hijau, Sandat Glamping Tents menyediakan delapan jenis bangunan yang nyaman dan mewah. Kedelapan bangunan ini dibagi menjadi lima tenda dan tiga lumbung. Setiap bangunan memiliki konsep dan filosofi berbeda tetapi menawarkan satu hal yang sama, yaitu kenyamanan tingkat tinggi.

Lumbung di Sandat Glamping Tents dibangun dari kayu beratapkan jerami dan terdiri atas dua lantai. Lantai pertama merupakan ruang untuk bersantai dan lantai kedua menjadi ruang tidur.

Tiap tenda di Sandat Glamping Tents dilengkapi fasilitas kolam renang. Sesuai dengan identitasnya sebagai luxury resort di Bali, Sandat Glamping Tents menawarkan pengalaman glamping yang benar-benar glamor.

Sandat Glamping Tents, Bali. (foto: thefittraveller.com)

4. Baliwoso Camp – Bali

Ingin menemukan suasana Bali yang berbeda? Pergilah ke daerah Pengotan di utara Denpasar dan menginaplah di Baliwoso Camp. Baliwoso Camp bukan sekadar penginapan yang menawarkan sensasi glamping, tempat ini juga mengajak Anda berkenalan dengan masyarakat serta budaya asli Pengotan.

Baliwoso Camp dilengkapi dengan Bale Bengong, bangunan yang khusus dibangun untuk Anda bersantai, bermain, nonton pertunjukan hiburan, jogging track, dan bersepeda.

Aktivitas di Baliwoso Camp mencakup bermain bersama sapi dan kerbau, trekking, serta menanam atau memanen hasil kebun.

Baliwoso Camp. Glamping yang berlokasi di Bali, banyak dikunjungi turis mancanegara. (foto:ja.mybalikintamani.com)

5. Dusun Bambu Family Leisure Park – Lembang, Bandung

Dusun Bambu Lembang, Bandung, sebuah tempat wisata keluarga yang terletak di kaki Gunung Burangrang Cisarua Lembang. Pemandangan alam dan atmosfir yang sejuk menjadi daya tarik pengunjung untuk berkunjung ke sini.

Selain menjadi pusat rekreasi dan tujuan wisata kuliner dengan tiga restoran uniknya, Dusun Bambu Family Leisure Park juga menyediakan area glamping yang dapat dijadikan tempat bermalam. Camping Ground Sayang Heulang menjadi lokasi glamping di Dusun Bambu Family Leisure Park. Tiap tenda dibangun di area taman yang asri dan dilengkapi api unggun serta perangkat panggang yang dapat digunakan untuk BBQ bersama teman-teman atau keluarga.

Dusun Bambu Family Leisure Park. (foto:www.dusunbambu.com)

6. Legok Kondang – Bandung

Legok Kondang adalah surga bagi Anda pencinta glamping. Pada area glamping seluas 700 meter ini terdapat sebelas tipe tenda yang dapat dipilih. Setiap tipe tenda di Legok Kondang memiliki ukuran yang berbeda, panorama yang berbeda, dan fasilitas yang berbeda.

Anda dapat bersantai di tenda sambil menikmati cuaca sejuk Ciwidey. Legok Kondang menyediakan aktivitas tambahan untuk memeriahkan sesi glamping Anda. Membakar jagung, BBQ, melepas lampion, bermain paintball, trekking, tur ke Kawah Putih, dan rafting di Situ Cileunca pasti akan membuat glamping di Legok Kondang menjadi sangat menyenangkan.

Legok Kondang, Cileunca. Glamping di malam hari, dekat dengan alam. (foto: booking.com)

7. Tanakita – Pangrango

Berlokasi di depan Taman Nasional Gede Pangrango, Tanakita merupakan area kemah seluas 2 hektar yang dapat menampung 200 orang. Jika dibandingkan dengan tempat glamping lain yang dilengkapi terlalu banyak fasilitas dan terkadang membuat esensi berkemah menjadi berkurang, Tanakita menawarkan pengalaman berkemah yang terasa lebih nyata.

Untuk menambah keseruan, Tanakita menyediakan aktivitas berupa high ropes, tubing di sungai, canoing di Situ Gunung, trekking malam, dan rappeling di air terjun.

Tanakita, Pangrango. Glamping yang lebih menantang. (foto:http: arsyiarsyo.blogspot.co.id)

LEAVE A REPLY