7 Destinasi di Kawasan Danau Toba Ini Punya Pesona Alam yang Memukau

0
187
foto: nyobain.com

Festival Danau Toba 2016 yang baru saja dihelat beberapa waktu lalu, berhasil mengundang perhatian mata dunia akan wisata budaya Danau Toba dan sekitarnya. Tak serta merta hanya pesona danau purba ini yang bisa dinikmati, ternyata di sekitarnya juga ada 7 (tujuh) destinasi andalan di sekitar Danau Toba. Ada apa saja? Berikut selengkapnya.

1. Pulau Samosir

pulau-samosir

Jika Anda “melongok” ke tengah-tengah Danau Toba, di situlah Pulau Samosir persis berada. Ya, dengan mengunjungi pulau ini Anda bisa menikmati panorama keindahan Danau Toba dari berbagai sudut pandang yang jelas menyejukkan mata. Tak perlu khawatir bingung menikmati segala keindahannya, karena di pulau ini banyak tersedia paket wisata. Semuanya tinggal pilih. Sontak Pulau Samosir jadi salah satu destinasi favorit di provinsi Sumatera Utara.

2. Parapat

parapat-toba

Parapat sejatinya merupakan kota yang ada di sekitar kawasan Danau Toba. Lokasi ini jadi obyek wisata karena menyajikan keindahan alamnya yang menggoda. Di sepanjang perjalanan dari Danau Toba, selain bisa menyaksikan keindahan alam kota ini, Anda juga bisa melihat ratusan monyet-monyet liar yang dibiarkan bebas berkeliaran, seakan memberikan pengalaman menyatu dengan alam secara otentik.

3. Pulau Sibandang

pulau-sibandang-toba

Pulau Sibandang adalah sebuah pulau yang berada di kecamatan Muara Tapanuli Utara. Menariknya pulau ini sendiri dikelilingi oleh Danau Toba sehingga di pulau ini pula Anda bisa menikmati keindahan Danau Toba dari berbagai sisi. Untuk menuju pulau ini Anda bisa manfaatkan fasilitas penyewaan kapal atau perahu yang banyak disediakan oleh penduduk sekitar.

4. Tongging

desa-tongging

Ada cara lain lagi untuk menikmati keindahan Danau Toba, yakni dari ketinggian. Untuk mewujudkannya, Anda wajib mengunjungi Desa Tongging yang terletak di bagian utara Danau Toba. Dengan ketinggian sekitar 900 mdpl (meter di atas permukaan laut), pemandangan Danau Toba yang tersaji sangat menakjubkan. Terlebih didukung dengan terpaan angin sejuk yang cukup tenang di kawasan ini, membuat Anda bisa menikmati relaksasi yang mungin tidak dapat ditemui di tempat lain. Oh ya, di desa ini juga terdapat destinasi lain seperti Air Terjun Sipisopiso yang merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

5. Bakara

bakara-danau-toba

Bakara merupakan salah satu wilayah yang berada di pinggiran Danau Toba yang terkenal dengan pesan keindahan alamnya. Dari tempat ini, Anda bisa meninjau keindahan Danau toba dari sisi yang berbeda. Apa lagi kalau bukan topografi tempat ini yang menyajikan pemandangan pegunungan dengan tebing-tebing tinggi yang menjulang. Bakara juga ditahbiskan jadi “surganya” pehobi memancing ikan-ikan air tawar.

6. Pantai Lumban Silintong Balige

pantai-lumban-silintong

Bila Anda ingin menikmati keindahan Danau Toba lainnya, coba saja kunjungi Pantai Lumban Silintong Balige, terutama di kala senja. Lumban Silitong merupakan sebuah desa yang menjadi tempat wisata yang berada di Balige Toba Samosir. Kawasan wisata ini menyajikan panorama tepian Danau Toba yang lengkap dengan deretan rumah makan dan kafe. Asyiknya, di tempat ini Anda bisa pula menikmati sejuknya air danau sambil berenang.

7. Pusuk Buhit

pusuk-buhit

Pusuk Buhit merupakan deretan bukit yang ada di Pulau Samosir. Di tempat ini kamu bisa melihat panorama alam serta air terjun alami yang cukup membuat pengalaman liburan Anda tak terlupakan. Tempat ini bisa dicapai dengan transportasi bus yang biasanya disediakan oleh pengelola tempat wisata. Tapi tunggu dulu, untuk mencapai puncak bukitnya dibutuhkan sedikit kemampuan hiking, karena Anda diharuskan untuk berjalan kaki sekitar 500 meter.

sumber: blog.airyrooms.com

LEAVE A REPLY