7 Bus Klasik dan Unik Ini Sempat Mejeng di Jakarta Lho!

0
441
Pameran Indonesia Classic& Unique Bus tahun lalu. (Foto: www.viva.co.id)

Jakarta International Expo (JIExpo) 2018 memang sudah berlalu. Namun bus klasik dan unik yang sempat mejeng waktu itu jadi hal menarik yang  pastinya tetap dalam ingatan. Sederetan bus klasik ini tak lagi mudah  disaksikan beroperasi di jalan-jalan di era generasi sekarang ini.

Maka, pameran Indonesia Classic N Unique Bus 2018 bertajuk Tak Kenal Maka Tak Sayang menampilkan bus-bus dari berbagai daerah di Indonesia, dengan tahun pembuatan tahun 1960 hingga tahun 1996, ya semua berumur lebih dari 20 tahun.

Nah, seperti dilansir berdasar KompasTravel, inilah tujuh bus klasik dan unik di pameran Indonesia Classic N Unique Bus ( Incubus) 2018 di Hall B Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat:

1. Bus/Otto Pownis

Fotomedia.travelingyuk.com
Dominan warna merah dan coklat gading, keluaran 1987, di Pulau Bangka. Selain beroperasi untuk karyawan tambang timah, dahulu bus bermesin Colt Diesel 100 PS ini berjasa mengantarkan penumpang dari Pangkal Pinang ke Sungai Liat di Pulau Bangka. Bus yang 75 persennya berbahan kayu ini masih beroperasi mengantarkan wisatawan yang berkunjung ke Museum Timah Indonesia di Pangkalpinang.

2. Mercedes Benz Vario, DAMRI

Foto: media.travelingyuk.com
Bus ini keluar pada 1995, oleh pabrikan Mercedes Benz dengan seri Vario. Pasa masa jayanya (era 1990-an), bus ini digunakan Perum Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia (DAMRI) sebagai angkutan perintis di wilayah Kalimantan Barat.

3. Mercedes Benz “Goyobod”, DAMRI

Foto: travel.kompas.com

Bus ini mendapat julukan ‘Goyobod’ dari bahasa sunda yang berarti basah. Dibuat tahun 1988, bus ini bermesin Mercedez Benz tipe OF 1113 ini menempuh 1,166 juta kilometer di daerah Bandung.

4. Volgren OH 408, KTT Non-Blok

Foto: travelingyuk.com
Bus rakitan 1991 ini dahulu dimiliki oleh Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD). Bus ini dibeli khusus menjelang acara Konvrensi Tingkat Tinggi (KTT) Non-Blok 1992. Salah satu keistimewaan yang dimiliki Mercy Volger adalah bahannya yang sudah menggunakan aluminium. Sesuatu yang tergolong langka pada masa itu.

5. Mercedes Benz “Banteng” DPR

Foto: travelingyuk.com

Bus ini dijuluki ‘Banteng’ beroperasi mulai 1991, mengantarkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam kunjungan dinasnya ke sekitaran Jakarta. Salah satu bus yang populer di era 1990-an ini dibuat oleh German Motor Manufacturing.

6. Hino Rainbow 1984 PO Maju Lancar

Foto: travelingyuk.com
Di Jepang bus bergenre karavan ini mulai beroperasi 1976, tetapi di Indonesia baru sekitar 1980-an. Pada tahun tersebut, bus ini digunakan untuk pendukung operasional Kementerian Penerangan. Kini dimiliki oleh PO Maju Lancar sebagai koleksi klasiknya. Bus ini buatan1984 keluaran pabrikan Hino. Banyak dipasarkan di Australia.

7. Mitsubhisi Fuso R Series 470

Foto: travelingyuk.com

Inilah bus tertua dalam pameran Incubus 2018 ini. Beroperasi 1963, atau sudah berusia sekitar 50 tahun. Meski begitu, bus Mitsubishi Fuso R Series 470 ini ternyata masih bisa menempuh jarak ratusan kilometer. Pemilik awal dari bus tersebut adalah Satuan TNI Angkatan Udara di Malang, Jawa Timur.

LEAVE A REPLY