6 Api Abadi di Indonesia yang Perlu Traveler Ketahui!

0
1660
Foto: merahputih.com

Api abadi di Indonesia ternyata lebih dari satu lho! Traveler harus tahu tentang keajaiban alam luar biasa ini. Apalagi, wawasan ‘pengembaraan’ bakal makin bertambah.

Tak hanya Mrapen yang tersohor lantaran selalu digunakan untuk upacara peringatan khusus seperti Asian Games 2018 yang baru saja dinyalakan itu, sekitar 6 api abadi ternyata ada di Indonesia lho. Nah, di mana sajakan itu?

1. Mrapen, Grobogan

Umat Buddha melakuan ritual pengambilan Api Dhamma Tri Suci Waisak 2562 BE 2018 di obyek wisata Api Abadi Mrapen, Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Minggu (27/5/2018). (Foto: Kompas.com)

Tentu saja api abadi Mrapen amat populer karena banyak perhelatan penting tingkat dunia. Ditemukan pada abad 15, api abadi ini berada di sebuah kompleks yang terletak di desa Manggarmas, kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

2. Kayangan Api, Bojonegoro

Foto: wikimedia.org

Kompleks Kayangan Api merupakan fenomena geologi alam berupa keluarnya gas alam dari dalam tanah yang tersulut api sehingga menciptakan api yang tidak pernah padam walaupun turun hujan sekalipun. Berlokasi di kawasan hutan lindung, Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

3. Kawah Ijen, Banyuwangi

Blue Fire, Kawah Ijen, (foto: kompas)

Kawah Ijen berlokasi di wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Fenomena blue fire atau api biru yang abadi amat menarik perhatian dunia.

4. Api Tak Kunjung Padam, Madura

Foto: travel.dream.co.id

Keajaiban api abadi ini sudah dikenal khususnya oleh masyarakat Madura. Api abadi dari perut bumi ini konon tercipta dari tongkat sakti seorang bernama Ki Moko. Kini menjadi daya tarik wisata unik di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

5. Bekucuk, Mojokerto

Foto: KSMtour

Ditemukan pada tahun 1993, lokasi ini menjadi ramai wisatawan. Fenomena langka ini ada di di Dusun Bekucuk, Tempuran, Mojokerto, Jawa Timur. Bahkan beberapa titik api ditemukan di rumah warga sekitar.

6.Tanjung Api, Ampana, Sulteng

(foto: nurulafiahali.blogspot.co.id)

Tanjung Api terletak di Teluk Tomini, Ampana, Sulawesi Tengah. Traveler bisa mengeduk pasir dan di kedalaman tertentu, nanti akan keluar gas yang bila di sulut api akan menyala. Berlokasi di tepi pantai menjadikan api abadi ini memiliki keunikan panorama.

LEAVE A REPLY