5 Kuliner Indonesia yang Ditetapkan Kementerian Pariwisata

0
412
Foto: kemenpar.go.id

Traveler, akhirnya 5 kuliner ditetapkan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sebagai makanan nasional Indonesia lho. Makanan nasional ini nantinya akan diperkenalkan ke mancanegara sebagai ikon.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan bahwa penentuan makanan nasional ini bedasarkan Forum Group Discussion (FGD) komunitas kuliner.

Ya, menurut Menpar Arief, industri kuliner memberikan sumbangan cukup besar dalam ekonomi kreatif. Sebesar 30-40 persen pengeluaran rata-rata wisatawan dialokasikan untuk wisata kuliner.

“Motivasi orang untuk bepergian salah satunya itu kuliner. Biasanya kalau datang ke suatu daerah kemungkinan besar yang dicari juga kulinernya. Pengeluaran orang (wisatawan) untuk kuliner itu hingga 40 persen,” ujar Arief seperti dilansir Kompas Travel.

Maka, untuk terus meningkatkan industri kuliner, kini Indonesia telah memiliki national food yang bisa diperkenalkan ke mancanegara. Nah, berikut 5 makanan nasional Indonesia yang telah ditetapkan oleh Kemenpar:

1. Soto

Foto: pakarkuliner.blogspot.co.id

Siapa yang tak kenal Soto? Bisa dibilang, Soto adalah salah satu jenis kuliner yang bisa ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Hal yang paling seru, Soto ini disajikan dengan berbagai cita rasa khas yang pas seturut lidah orang yang tinggal di wilayah tertentu. Dari Kudus hingga Makassar, rasa Soto tersaji berbeda meski dengan kesamaan konsep. Ditambah, lidah wisatawan mancanegara juga cocok dengan makanan nasional Indonesia yang satu ini.

2. Rendang

Foto: belanga.id

Wah, kiranya tepat bila Rendang menjadi salah satu ikon makanan nasional Indonesia. Sebab kuliner ini benar-benar sarat prestasi. Salah satunya saat Rendang ditetapkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN, yang membungkam Chiang Mai waktu itu. Bahkan perdebatan soal Rendang Crunchy pun turut menaikkan pamor kuliner Rendang ke tingkat dunia.

3. Sate

Foto: blog.airyrooms.com

Satai, yang lebih dikenal dengan sate juga menjadi ikon makanan nasional Indonesia yang memang populer di mancanegara. Sate hadir dalam berbagai varian sesuai daerah masing-masing. Tentu saja konsepnya tetap sama, ditusuk dan dibakar. Bumbu dan bahan yang membedakannya. Apapun itu, dunia cukup mengenal makanan sate dari Indonesia ini.

4. Nasi Goreng

Foto: jalanjogja.com

Nasi Goreng ini digemari wisatawan mancanegara lho. Bahkan, dalam pameran pariwisata di luar negeri, sajian Nasi Goreng mendapat sambutan yang luar biasa. Van Der Mark, pembalap kelas dunia bahkan menggemari menu Nasi Goreng ini.

5. Gado-Gado

Foto: upload.wikimedia.org

Makanan sehat berbumbu kacang ini juga digemari wisatawan mancanegara juga lho. Mereka mengenalnya dengan nama ‘Indonesian Salad’. Berbeda dengan empat ikon lainnya, namanya cukup bervariasi  meski dengan konsep yang sama. Misalnya saja Pecel, Lotek, dan sebagainya.

Nah, kelima ikon makanan nasional Indonesia yang telah terpilih itu memang cukup populer di mancanegara. Bahkan restoran Indonesia yang berada di luar negri menyajikannya bagi para pelanggan.

Ditambah, beberapa musisi luar yang terinspirasi makanan Indonesia lalu menjadikannya sebuah lagu dan menjadi viral, membuat kuliner Indonesia makin dikenal di dunia internasional.

LEAVE A REPLY