3 Tradisi Unik Balapan Sapi yang Mampu Datangkan Wisatawan

0
414

Tradisi balapan sapi yang mampu datangkan wisatawan ini merupakan bagian dari kekayaan alam Indonesia yang  tidak ada duanya. Keunikannya sudah mendunia.

Dikenal sebagai negara pertanian, Indonesia memiliki ciri khas cara bertani dengan sapi untuk membajak jutaan hektar tanah sawah.  Sapi dan kerbau menjadi andalan untuk dimanfaatkan tenaganya, sekaligus ‘ikut’ dalam berbagai perayaan penyambutan musim tanam seperti karapan sapi.

Bersumber dari minangkabaunews.com, Ini dia 3 tradisi balapan sapi yang mampu datangkan wisatawan ke Indonesia. Apa saja sih?

1. Sapi Makepung di Jembrana

Foto: www.kratingdaeng.co.id

Pulau Bali punya tradisi lomba pacu binatang yang dinamakan Makepung. Di sini kerbau yang dipacu berlomba beradu cepat yang membawa gerobak dan dikendalikan oleh seorang joki. Suasananya amat  meriah dengan iringan musik khas jegog yang bertalu-talu, selama kerbau-kerbau berpacu menuju garis finishnya.

Konon awalnya tradisi ini dimulai dari keisengan warga lalu makin diminati banyak kalangan. Saat ini Makepung menjadi salah satu atraksi khas Jembrana dan masuk dalam agenda tahunan wisata di Bali. Bahkan dalam pertandingan besar, jumlah pesertanya bisa mencapai ratusan pasang ekor kerbau lho!

2. Karapan Sapi di Madura

Foto: matamaduranews.com

Diadakan sekali dalam setahun, keikutsertaannya setelah melalui beberapa tahapan kualifikasi untuk merayakan Presiden Cup dan Bupati Cup. Karapan sapi di Madura ini, tidak hanya acara tahunan saja. Karapan sapi bagi masyarakat setempat adalah simbol strata sosial karena sapi yang berlaga di pertandingan adalah sapi berkualitas sangat baik yang dirawat dengan istimewa. Dalam setiap gelaran, suasana pertandingan dimeriahkan oleh ritual arak-arakan sapi diiringi alat musik seronen yang membuat acara semakin meriah.

3. Pacu Jawi di Sumatera Barat

Foto: nandosiana.blogspot.com

Balapan sapi Pacu Jawi ini menggunakan area sawah yang sudah basah. Berbeda dengan karapan sapi di Madura yang menggunakan tanah berkontur datar sebagai area pacu. Balapan sapi ini merupakan salah satu penanda kelihaian joki memijakkan kaki di alat bajak sawah selama berlari di lintasan tanah sawah lho. Pacu Jawi memakai dua ekor sapi untuk bertanding. Uniknya, pemenang balapan tidak ditentukan dari siapa yang tercepat tetapi pasangan sapi mana yang bisa berlari lurus di trek tanah sawah yang basah. Pasangan yang berhasil melaju lurus akan mendapat nilai lebih tinggi.

LEAVE A REPLY