10 Tips Berwisata ke Goa Pindul Agar Traveler Tidak Kena Calo

0
638
Foto: dimaselvi.blogspot.co.id

Goa Pindul Wira Wisata Jogja terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta, nampaknya sedang tren di Indonesia. Apalagi ada embel-embel informasi tentang ‘paket wisata jomblo’ di sana sini.

Iming-iming diskon hingga 50 persen ternyata juga tak melulu benar. Sempat disebut hoax karena sampai di lokasi ternyata harga dinaikkan. Ya, maklum, ternyata cukup banyak terdapat calo di sana.

Goa Pindul adalah obyek wisata alam susur gua bawah tanah, dengan aliran sungai di sepanjang lorong, salah satu tempat wisata dengan kategori minat khusus di Jogja.

Pemandangan dramatis Goa Pindul. (Foto: wisataliburan.co.id)

Cara menikmati obyek wisata ini adalah menyusurinya dengan peralatan khusus yaitu dengan menggunakan ban dalam besar (tube) dan jaket pelampung, wisata ini disebut dengan nama Cave Tubing Pindul.

Traveler, bila Anda senang menyusuri sungai, apalagi di dalam sebuah gua, Goa Pindul bisa jadi alternatif destinasi Anda. Namun, perhatikan dulu beberapa tips yang telah Travel Today angkat dari situs resmi Goa Pindul dan berbagai sumber lain bagi Anda:

  1. Hubungi Contact Resmi sebelum kunjungan untuk reservasi. Hanya hubungi nomor-nomor dari pengelola resmi ya. Ini memungkinkan anda untuk mendapat informasi yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Dan ingat, reservasi tak mengikat, jadi tak perlulah Anda bayar uang muka.
  2. Tahu persis lokasi pengelola, dan jangan hanya mengandalkan navigasi/maps untuk menunju lokasi Goa Pindul. Ada banyak sekali tag dengan nama yang sama di maps. Bisa-bisa Anda  bingung dan tersesat. Sekali lagi, hubungi operator resmi karena akan memandu Anda dengan fasilitas free.
  3. Jangan tergiur harga murah. Karena harga tiket Goa Pindul sudah di tetapkan dan di setujui bersama semua pengelola yaitu Rp.35.000/person. Namun Anda bisa bandingkan juga dengan profil penelola lain.
  4. Persiapan pribadi. Tentukan waktu yang tepat. Sekali lagi, tetaplah berhubungan dengan operator untuk mengetahui segala hal tengtang lokasi. Bisa tentang kondisi jalan, kondisi cuaca, kondisi jumlah kepadatan Traveler lain, dan sebagainya.
  5. Persiapan pribadi lainnya adalah menyiapkan pakaian yang siap basah. Sebab penyusuran Goa Pindul melewati air, pakaian yang anda kenakan dipastikan akan basah. Kalau lupa bawa? Tenang, ada cukup banyak penjual pakaian lengkap kok…
  6. Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi untuk menunju lokasi goa pindul, sebaiknya berhati-hati. Banyak tikungan yang akan anda lalui.
  7. Abaikan penunjuk arah lokasi goa pindul yang terpasang di tepi kanan-kiri jalan, ini adalah ulah calo atau ojek wisata. Anda bisa tersesat nanti.
  8. Jangan pernah ikuti jasa pengantar gratis, tulisan-tulisan ini biasanya juga ada di jalan menuju Goa Pindul. Pengantaran gratis yang resmi harus melalui reservasi terlebih dahulu. Cara yang paling mudah untuk mengabaikan orang-orang tersebut adalah dengan menjawab atau menyampaikan bahwa anda sudah booking tiket di salah satu pengelola pilihan anda.
  9. Konfirmasikan reservasi anda tepat di hari kunjungan, operator resmi akan menyiapkan crew yang akan menjemput anda di titik lokasi tertentu sesuai kesepakatan. Ada beberapa paket seperti kuliner, pendopo bagi rombongan, dan sebagainya.
  10. Anda akan memahami situsi apa yang akan dihadapi dengan membaca deskripsinya di situs resmi operator Goa Pindul Wira Wisata Jogja.

Baiklah Traveler, cukup jelas dengan berbagai informasi di atas? Ayo, langsung browsing atau angkat telepon Anda. Selamat berwisata dengan aman dan nyaman ya….

LEAVE A REPLY